Rabu, 15 Mei 2013

ARTI GURU

Guru = digugu + ditiru
A. Di Gugu
          Seorang guru haruslah bisa digugu (diperhatikan dan dilaksanakan) ucapannya, karena murid yang belajar kepadanya akan selalu memperhatikan dan melaksanakan segala nasehat, amanat dan materi (pelajaran) yang disampaikan oleh guru, dengan kata lain murid berpegangan pada prinsip "sami'na wa atha'na", artinya aku dengarkan dan aku taati.
          Guru yang bisa digugu adalah :
          1. Jujur
               a. Jujur dalam hati dan fikiran.
               b. Jujur dalam perkataan.
               c. Jujur dalam perbuatan.
          2. Banyak ilmu
              a. Murid yakin dan percaya bahwa gurunya memiliki banyak ilmu. Bila murid tidak yakin/ ragu bahkan menganggap bahwa gurunya tidak memiliki banyak ilmu, maka murid tidak akan mau memperhatikan dan mengikuti ucapannya.
              b. Guru harus selalu berusaha meningkatkan ilmu agar apa yang disampaikan kepada murid adalah bisa dijamin kebenarannya, memuaskan muridnya, sehingga bisa menjadikan generasi yang cerdas, trampil dan berwawasan tinggi.

B. Di Tiru
          Seorang guru haruslah bisa ditiru perbuatannya.
     Syarat agar bisa ditiru adalah :
     1. Melaksanakan menerapkan segala yang diajarkannya ( bukan hanya bisa ngomong).
     2. Semangat belajar yang tinggi, tanpa mengenal batas usia.
     3. Berdedikasi tinggi, bukan hanya sekedar mengajar tapi juga mendidik. Seorang guru haruslah bisa menjadi suri tauladan yang baik bagi muridnya, keluarganya dan masyarakat.

Guru adalah bukanlah hanya mereka yang mengajar disekolah. Yang disebut guru adalah semua orang yang pernah mengajarkan kita walaupun hanya satu huruf.